Tablet Baru Samsung Akan Lebih Mirip Galaxy

Wednesday, July 10, 2013 | comments

Samsung sedang giat melebarkan sayapnya ke segmen tablet yang dikuasai oleh Apple. Untuk itu, tablet terbaru mereka akan didesain mirip smartphone seri Galaxy yang hit, dengan harapan kesuksesan Galaxy akan menular ke produk tablet juga.
Samsung Electronics Co, kedua pemimpin pasar tablet setelah Apple, pada Senin yang lalu mengumumkan akan meluncurkan tiga model baru seri Galaxy Tab 3 ke pasar Amerika pada 7 Juli mendatang, yang paling murah 199 dolar untuk layar 7 inchi. Untuk 8 inchi akan diluncurkan dengan harga 299 dolar, dan untuk 10 inchi dibandrol 399 dolar.
Seri "Tab" membidik konsumen menengah ke bawah, menyaingi dalam segi harga terhadap produk Apple. Sedangkan untuk kelas tablet premium, seri "Note" yang dilengkapi dengan stylus, menjadi andalan Samsung. Untuk 7 inchi dan 10 inchi merupakan kelanjutan dari Tab 2. Yang baru 8 inchi dan hampir sama dalam ukuran dengan iPad Mini dari Apple, yang diluncurkan akhir tahun lalu.
Tablet model baru yang akan diluncurkan memiliki tiga tombol di depan seperti smartphone Galaxy. Tahun lalu, Tab 2 tidak memiliki tombol fisik di depan, seperti yang dianjurkan Google, yang empunya sistem operasi Android.
Galaxy Tab 3 yang 7 inchi akan dilengkapi dengan memori 8 GB, sedangkan untuk layar yang lebih besar akan memiliki 16 GB. Tentu saja, ketiga-tiga dilengkapi slot untuk memori tambahan.
Tablet 10 inchi (25 centimeter), merupakan tablet Android pertama dari Samsung yang menggunakan prosesor Intel. Ini merupakan kemenangan yang signifikan dari pabrik prosesor dari Amerika tersebut yang mencoba masuk ke pasar ponsel dan tablet, setelah penjualan komputer PC yag terus merosot. Ponsel dan tablet dari berbagai merek, pada umumnya menggunakan prosesor dan chip dari berbagai pemasok, semua berdasarkan pada desain dari ARM Holdings, perusahaan Inggris.
Untuk pasar dunia, Samsung menguasai 18 persen pasar tablet pada kwartal pertama tahun ini, demikian menurut perusahaan riset IDC. Apple menguasai 40 persen. Untuk pasar Amerika, Samsung masih kalah dari Amazon.com Inc. dengan produk Kindle. Sedangkan untuk pasar smartphone, angka tersebut merupakan kebalikannya, di mana Samsung merajai dengan seri Galaxy-nya. Apple di posisi kedua dengan 17 persen dengan iPhone.
J.P. Gownder, analis dari Forrester Research mengatakan, walaupun dengan produk smartphone yang laku, biasanya produsen belum bisa mengarahkan konsumen untuk membeli tablet dari merek yang sama. Dia percaya, penjualan Samsung akan meningkat pesat dengan strategi toko-toko mini mereka di berbagai lokasi strategis di Amerika. Mempunyai jalur ritel sendiri akan mengurangi celah dari saingan Apple yang memiliki toko sendiri.
Samsung menolak menantang iPad dalam hal resolusi layar. Tablet baru mereka tersebut akan memiliki resolusi yang sama dengan pendahulunya, yang berarti di bawah resolusi iPad dan bahkan produk mereka andalan mereka Samsung S4.
Walaupun memiliki layar yang lebih besar dari Samsung Galaxy S4, tablet memiliki resolusi yang lebih rendah. Tablet 10 inchi ( 25 centimeter) memiliki resolusi 1280x800 piksel, dibandingkan dengan resolusi 1920x1080 yang dimiliki smartphone. Resolusi pada smartphone tiga kali lebih detil dalam satu inchi persegi dibanding tablet.
Dengan diluncurkannya model baru tersebut, Samsung akan memiliki lima model tablet di Amerika, dibandingkan Apple yang hanya dua. Tambahan lagi, Samsung punya Galaxy Note II yang merupakan perpaduan ponsel-tablet.(ha)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. TeCH N' FuN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
BIzJKGWBKofYCMCZUUqvqBCMhX